Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa menjelaskan penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) setiap tahun, bentuk pertanggungjawaban pemerintah daerah atas pengelolaan keuangan yang bersih dan transparan.

Apalagi pengelolaan anggaran itu yang telah dimanfaatkan untuk pelaksanaan program percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Penyerahan LKPD ini adalah komitmen dan pertanggungjawaban pemerintah serta bentuk akuntabilitas yang sudah kita laksanakan untuk anggaran tahun 2016," kata sekda pada penyerahan LKPD Tahun Anggaran 2016 di gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Gorontalo, Sabtu.

Anggaran yang dikelola pemerintah ini adalah anggaran masyarakat yang harus dipertanggungjawabkan untuk menjamin bahwa anggaran tersebut benar-benar ditujukan untuk kesejahteraan dan kebahagiaan rakyat.

Substansi penting dari penyerahan LKPD, lanjut Sekda, tidak hanya bertujuan untuk memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, akan tetapi untuk menjamin bahwa pelayanan yang diberikan pemerintah benar-benar untuk kepentingan pembangunan dan masyarakat.

"Opini WTP bukanlah tujuan terakhir, tetapi merupakan hasil dari sebuah proses pengelolaan keuangan yang akuntabel, profesional dan transparan, yang memberikan dampak terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi, penurunan

angka kemiskinan, dan perluasan lapangan kerja," ujarnya.

Terkait penyampaian LKPD Pemerintah Provinsi Gorontalo dan kabupaten/kota, Sekda menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran BPK RI Perwakilan Gorontalo yang telah bersinergi dalam membangun akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, serta memfasilitasi dan menjembatani pengelolaan keuangan yang akuntabel, transparan, serta efektif dan efisien.

Pemerintah Provinsi Gorontalo dan kabupaten/kota sangat merasakan kemitraan yang terjalin bersama BPK RI dalam peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusian (SDM) pengelola keuangan, serta fasilitasi yang diberikan BPK RI

dalam pengelolaan keuangan daerah yang berkualitas.

"Ke depan, sinergitas ini akan terus kita bangun demi percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Gorontalo," tutur Sekda. ***3***

(T.KR-ADW/B/H013/H013) 01-04-2017 18:28:00

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017