Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Sebanyak 17 daerah di kawasan Teluk Tomini melakukan deklarasi kerja sama antar pemerintah daerah untuk penguatan strategi investasi ramah lingkungan "Green Investment" di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Jumat.

17 belas daerah yang melakukan deklarasi tersebut adalah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Minahasa Tenggara, Minahasa, Minahasa Utara, Kota Bitung.

Kabupaten Banggai Laut, Banggai Kepulauan, Banggai, Tojo Una-Una, Poso, Parigi Moutong, Pohuwato, Boalemo, Gorontalo, Bone Bolango dan Kota Gorontalo.

Usai deklarasi, Bupati, Wakil Bupati dan perwakilan daerah tersebut melakukan penandatanganan nota kesepahaman terkait hal itu.

Bupati Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah, Samsurizal Tombolotutu mengatakan, terdapat tiga fokus kerja sama investasi.

"Yaitu pemberdayaan ekonomi masyarakat, pengembangan industri komoditas lokal dan pengembangan kawasan konservasi," katanya.

Deklarasi itu juga untuk mempercepat penguatan Green Investment untuk mendorong kawasan Teluk Tomini sebagai "Kawasan Strategis Nasional".

Sementara itu, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo yang menjadi inisiator kegiatan tersebut mendorong program jangka panjang investasi ramah lingkungan atau "Green Investment" di daerah tersebut dan kawasan Teluk Tomini.

"Saya mendorong Investasi ramah lingkungan sehingga tidak terjadi kerusakan seperti yang terjadi di tempat lain," kata Bupati.

Menurut Nelson, hal itu merupakan langkah antisipasi awal, apalagi di kawasan Teluk Tomini memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik.

"Saya berharap ekonomi dan ekologi dapat tumbuh bersama, bukan hanya untuk kepentingan masyarakat saat ini, tapi untuk jangka panjang," katanya.

Pewarta: Adiwinata

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017