Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKN) mengimplementasikan program Generasi Berencana (Genre) melalui Pusat Informasi Konseling (PIK) remaja.

PIK remaja merupakan wadah kegiatan program Genre dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja, guna memberikan pelayanan informasi dan konseling.

Pelayanan informasi dan konseling tersebut terkait perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegatan penunjang lainnya.

Mikhael Yance Galmin, Kasubbid Bina Ketahanan Remaja dari Perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo, Rabu, mengatakan, PIK terbagi dari dua jenis, yaitu PIK remaja dan PIK masyarakat.

"PIK remaja dapat dibentuk melalui jalur pendidikan SMP, SMA dan Perguruan Tinggi, sedangkan PIK masyarakat melalui organisasi keagamaan, kepemudaan, Pramuka dan Lembaga Swadaya Masyarakat (SDM)," katanya.

Arah pengembangan dan pengelolaan PIK remaja yaitu dikembangkan dan dikelola dari, oleh dan untuk remaja atau mahasiswa.

Sebagai sumber informasi yang dapat menambahkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang perencanaan kehidupan berkeluarga.

Serta seluruh kegiatan PIK remaja atau mahasiswa yang ramah dan sebagai wadah untuk mengintegrasikan upaya peningkatan aset dan pengembangan sumber daya remaja atau mahasiswa.

Sedangkan Program Genre adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

Salah satu hal yang menjadi fokus adalah promosi pendewasaan usia perkawinan dengan tujuan meningkatkan media usia kawin pertama perempuan.

Yang disebut dengan Generasi Berencana adalah remaja yang menjalani jenjang pendidikan dan berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Pewarta: Adiwinata

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017