Gorontalo,(ANTARA GORONTALO) - Direktur Perencanaan Pengendalian Penduduk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKN) RI, Benny Bena mengatakan bahwa pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) 2017 lebih dinamis dibanding tahun sebelumnya.

"BKKBN Pusat membuat kegiatan ini lebih dinamis karena untuk duta yang terpilih tidak gampang, karena harus dapat memiliki kemampuan untuk mewakili dirinya, remaja secara keseluruhan dari daerah itu," kata Benny saat membuka pemilihan Duta GenRe di Gorontalo, Rabu malam.

Menurut Benny juga duta GenRe harus dapat mewakili pemerintah daerah dalam memberikan pembinaan.

"Oleh karena itu dinamisasi pemilihan Duta GenRe tahun ini benar-benar diarahkan sedemikian rupa untuk mendapatkan kualitas duta yang representatif mewakili remaja secara keseluruhan," kata dia.

Khusus untuk Gorontalo, dinamika tersebut berjalan dengan baik sekali, dengan jumlah pendaftar yang mencapai 192 orang, melahirkan 40 orang finalis merupakan kompetisi yang selektif.

"Dan saya optimis, kelak akan terlahir duta yang memiliki kemampuan yang diharapkan oleh pemerintah daerah, remaja maupun komunitas GenRe," kata Benny lagi.

Sebanyak 40 peserta terpilih menjadi finalis pemilihan Duta GenRe Provinsi Gorontalo yang merupakan program dari Perwakilan BKKBN Gorontalo.

Seluruh finalis terdiri dari 20 putra dan 20 putri yang merupakan hasil seleksi dari 192 pendaftar.

Tujuan dari pelaksanaan pemilihan Duta GenRe adalah meningkatkan sosialisasi promosi program melalui program GenRe di kalangan remaja agar memiliki sikap, pengetahuan dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

Duta GenRe terpilih akan menjadi mitra BKKBN yang bertugas menjadi panutan bagi remaja lainnya. Selain itu diharapkan mampu menyebarluaskan informasi kesehatan reproduksi remaja, narkoba dan bahaya HIV/AIDS.

Duta GenRe yang terpilih nanti diharapkan dapat mewakili Gorontalo ke ajang yang sama tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada bulan September 2017.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017