Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango akan mengembangkan kegiatan ekonomi kreatif di kawasan pesisir pantai, dengan melibatkan masyarakat memanfaatkan semua potensi yang ada.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou berharap nelayan di pesisir bisa menciptakan nuansa ekonomi kreatifitas baru yang tidak hanya berfokus pada bahan mentah perikanan dan kelautan, tapi juga pada pengolahan bahan jadi, seperti pengalengan ikan, cemilan dan produksi bahan jadi lainnya.

"Kami sudah menghadap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan melaporkan rencana kegiatan ini, sehingga diharapkan ada dukungan dari kementerian," kata bupati belum lama ini.

Pemkab berharap bantuan dari KKP bisa memfasilitasi terciptanya kawasan ekonomi kreatif pesisir baru yang tidak hanya fokus pada aktivitas penangkapan ikan, tapi juga bisa dibangun pasar ikan bersih terpadu yang dibarengi dengan sentra kuliner bahari di pesisir pantai.

Pihaknya juga akan mengusahakan pengadaan fasilitas lain terkait peningkatan produktivitas kelautan seperti cool storage, mobil angkut operasional, dan alat tangkap lainnya.

Fokus utama adalah pembangunan pasar ikan bersih yang terpadu, benar-benar pasar yang `clean and clear`.

"Kita akan memberikan penyuluhan tentang budaya kebersihan di pasar, mencontoh pasar ikan di negara Thailand yang sangat bersih dalam hitungan sekejap pasar ditutup." tegasnya.

KKP melalui Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan sudah mendukung dan mengapresiasi apa yang menjadi terobosan Pemkab Bone Bolango.

Lanjut bupati, KKP mengharapkan program kelautan dan perikanan Bone Bolango ini bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan dan mampu bersaing tidak hanya nasional melainkan internasional. (humas/adv*)

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017