Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wali Kota Gorontalo, Marthen Taha mengatakan sudah saatnya daerah beralih untuk mengembangkan sektor pariwisata, karena menjanjikan pertumbuhan, peningkatan dan pengembangan ekonomi daerah.

"Kita memiliki banyak objek wisata alam, budaya, adat dan seni kuliner, untuk Kota Gorontalo kita bisa mengembangkan wisata benteng Otanaha, telapak kaki Lahilote di tangga 2000 dan situs sejarah serta budaya," kata Marten pada pembukaan Festival Pesona Otanaha 2017, di Kelurahan Dembe, Sabtu.

Maka strategi untuk mengembangkan pariwisata di daerah itu yang merupakan pusat pemerintahan, pusat perdagangan dan ekonomi, hal yang paling tepat adalah menyiapkan sarana dan prasarana fasilitas pariwisata bagi wisatawan.

"Misalnya, peningkatan jumlah kamar hunian hotel, restoran yang berkelas, toko cinderamata dan alat transportasi yang memadai," ia mengungkapkan.

Karena menurut Marten, walaupun wisatawan menikmati objek wisata di daerah lain di Provinsi Gorontalo, mereka pasti akan menginap, makan dan memanfaatkan fasilitas, belanja dan menggunakan transportasi di Kota Gorontalo.

"Kota Gorontalo memang tidak memiliki banyak objek wisata, tapi dalam menyiapkan berbagai sarana dan prasarana, wisatawan pasti akan tinggal disini," ia menjelaskan.

Festival Pesona Otanaha 2017 yang digelar oleh Pemerintah Kota Gorontalo, menampilkan berbagai kegiatan dan lomba yang dimulai tanggal 6 hingga 10 Mei 2017.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada festival tersebut, antara lain, lomba lari 10 km, karnaval budaya nusantara, lomba kesenian daerah nusantara, tarian tradisional dan tarian kreasi daerah.

Selain itu digelar juga lomba lagu pop, lomba kuliner daerah dan ekonomi kreatif, pemilihan Putra-Putri Otanaha, dialog Benteng Otanaha dan lomba fotografi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017