Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Sejumlah warga di Kabupaten Bone Bolango memberi apresiasi kepada Pemkab setempat, yang melakukan kerja sama dengan Programa Uitzending Managers (PUM) Belanda, terkait pengembangan potensi dan sumber daya alam di daerah.

"Tidak sia-sia kunjungan pak Bupati Hamim Pou ke Belanda, karena sejumlah kesepakatan berhasil didapatkan dengan pihak Belanda," kata Kifly, salah satu warga setempat, Senin.

Sebelumnya Bupati melakukan kunjungan kerja ke Belanda sejak pekan lalu, selain untuk mempromosikan sektor pariwisata serta sumber daya alam lainnya, juga mengenalkan berbagai produk khas daerah untuk dipasarkan hingga ke mancanegara.

"Bone Bolango banyak potensi yang bisa dikembangkan, selain pariwisata ada sektor pertanian, perikanan dan peternakan," ujar Wiwik, salah satu karyawan swasta di daerah itu.

Sebelumnya Bupati Bone Bolango mengaku pihaknya telah sepakat dengan PUM untuk mengembangkan sejumlah potensi di daerah, seperti pengembangan peternakan sapi secara terpadu, khususnya pada penelitian dan pengiriman tenaga ahli dari Belanda.

Saat ini Pemkab Bone Bolango memprioritaskan sektor peternakan, dengan mengembangkan ternak sapi dengan melibatkan masyarakat secara umum.

Pemkab mendukung penuh program nasional tentang swasembada daging, dengan menjadikan daerah itu sentra perdagangan dan pembibitan ternak sapi.

Saat ini pemkab memberikan bantuan dua ekor sapi bagi warga miskin di daerah tersebut pada tahun 2017.

Namun bagi penerima sapi bantuan harus memenuhi syarat, yaitu dalam dua tahun ke depan, harus keluar dari keluarga miskin.

Di sinilah pemkab menghadirkan pihak PUM Belanda yang turut memberikan kajian terkait pengembangan ternak sapi secara baik dan optimal.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017