Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menjadikan Kecamatan Bulango Ulu menjadi sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Aren.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kabupaten Bone Bolango, Basir Noho, Jumat, mengatakan, saat ini terdapat 237 pengrajin gula aren di daerah Bulango Ulu.

"Gula aren juga merupakan salah satu produk unggulan daerah yang saat ini sedang gencar kami promosikan, tidak hanya untuk lokal dan nasional, bahkan ke internasional," kata basir.

Saat ini gula aren Bulango Ulu masih diproduksi secara tradisional, yaitu dalam bentuk gula batok oleh pengrajin yang tersebar di enam desa.

"Kami sedang melakukan pengembangan gula aren Bulango Ulu menjadi gula serbuk," ia mengungkapkan.

Bahkan pemerintah setempat telah membuat Unit Pengelola Terpadu Aren yang dilengkapi dengan gedung bahan baku, produksi, promosi serta pengemasan produk.

"Unit Pengelola Terpadu tersebut sebagai administrator sentra IKM aren, dan bahkan kedepan akan kita integrasikan dengan pariwisata." ujar Basir.

Selain untuk gula aren, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Bone Bolango juga akan mengembangkan produk berbahan daera pohon aren menjadi gula cair, sagu, gula cokelat dan sapu ijuk.***3***

(T.KR-ADW/B/H013/H013) 19-05-2017 17:59:31

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017