Gorontalo, 16/7 (Antara) - Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 99 mengadakan pelatihan pembuatan pupuk organik bagi masyarakat di Desa Tulabolo, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Hasan Ibrahim bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sersan Mayor Roy Wangunusa memperagakan pembuatan pupuk organik kepada sekitar 250 masyarakat yang mengikuti kegiatan ini, Minggi.

"Sosialisasi ini merupakan program nonfisik pada TMMD, yaitu pembuatan pupuk organik, ramuan pertanian, ramuan peternakan dan ramuan hama kepada masyarakat dan petani," ujar Kapten Hasan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan pupuk organik tersebut, antara lain buah-buahan, sayuran dan juga rempah-rempah yang mudah ditemukan di lingkungan masyarakat.

Kegiatan itu juga menyertakan unsur Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango serta Polisi Hutan dari Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Pelatihan dan sosialisasi pembuatan pupuk organik tersebut merupakan salah satu kegiatan nonfisik yang dilakukan oleh TNI pada TMMD, selain kegiatan fisik yaitu pembangunan jalan, jembatan gantung dan fasilitas mandi cuci kakus (MCK).

Satgas TMMD juga melakukan penyuluhan terkait pencegahan terorisme dan radikalisme yang saat ini sedang ramai dibicarakan, dengan harapan masyarakat di pelosok dapat memahami dan mengerti ancaman selama ini menjadi hal yang sangat krusial.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017