Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Lomba masak ikan nusantara dengan slogan "menuju istana negara" yang digelar di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menciptakan berbagai menu kreatif berbahan dasar ikan.

Ketua tim Penggerak PKK, Kabupaten Gorontalo, Fory Naway, Rabu, mengatakan selain itu banyak menu makanan yang menarik, bergizi dan mudah dalam pengolahan yang tercipta.

Menu kreatif yang tercipta yaitu Iloni Burger, Ikan santan Goroho dan woku gabus bambu kuning yang juga menjadi tiga jawara pada lomba memasak ikan nusantara di tingkat Kabupaten Gorontalo.

Berbagai menu ikan khas dari Danau Limboto juga ditampilkan, yaitu ikan mujair, gabus dan ikan manggabai, ditambah dengan ikan laut.

"Mudah-mudahan peserta dari Gorontalo terpilih jadi juara, ini menjadi pemberi motivasi bagi kita semua terutama warga gorontalo dalam mengembangkan wisata kuliner dengan modal ikan khas danau limboto," kata Fory.

Ikan khas Danau Limboto tersebut yaitu manggabai, huluuu dan payangga yang mungkin sulit didapatkan ditempat lain yang diharapkan dapat membawa pemenang di Kabupaten Gorontalo menuju istana negara.

Sementara itu, Haris Tome, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gorontalo, mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan kerja sama antara Femina Group dan kantor Staf Kepresidenan.

"Setelah dari lomba ditingkat daerah, tiga peserta akan menuju babak selanjutnya di Jakarta dan setelah diseleksi lagi dan pemenangnya akan memasak di istana negara untuk disajikan kepada Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus nanti," ujarnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017