Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pakar komunikasi dari Fakultas ilmu sosial dan politik (FISIP) Universitas Hasanuddin Makassar, Hasrullah menjelaskan humas mampu memberikan citra positif pemerintah dihadapan publik, sehingganya dituntut lebih inovatif dan menjadi fasilitator antara pemerintah dan masyarakat.

"Sebagai pekerjaan yang berhubungan dengan masyarakat luas maka keberadaan pekerja di bidang hummas atau Public Relations (PR) perlu mendapat perhatian sekaligus sorotan," kata Hasrullah, saat memberikan materi kepada seluruh pegawai Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Gorontalo, Rabu.

Menurutnya, kelemahan humas itu sebenanya ada pada Sumber Daya Manusia (SDM), jika SDM lemah maka tentu kinerja humas juga menurun.

"Sebenarnya yang ingin saya tekankan di sini bahwa tenaga humas harus selalu ditingkatkan, dalam artian menjadi pekerja humas yang profesional sesungguhnya bergantung pada pelakunya, karena sifatnya sangat personal dan individual," ungkap Hasrullah.

Pada kesempatan itu Sekertaris Daerah (Sekda) provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa, yang turut hadir pada sosialisasi tersebut mengakui sangat mendukung sosialisasi tersebut, mengingat humas sebagai ujung tombak dari

citra pemerintah daerah, jadi kinerja kehumasan harus terus ditingkatkan.

"Humas punya peran yang sangat strategis dalam membentuk citra pemerintah, kinerja humas harus selalu bisa menyampaikan informasi secara, cepat, tepat dan benar, untuk itu humas harus terus meningkatkan profesionalisme
dalam kinerja," kata Winanri.

Winarni menambahkan, pihaknya sengaja mengundang langsung Hasrullah untuk memberikan sosialisasi kehumasan mengingat beliu adalah seorang teman lama dan juga seorang pakar komunikasi yang memang kinerjanya sehari-hari berhubungan langsung dengan khalayak luas.

"Pak Hasrullah ini adalah teman lama saya semasa saya kuliah di Unhas, sebenarnya beliau di Gorontalo adalah dalam rangka menghadiri KKN kebangsaan yang digelar UNG selama sebulan ke depan, akan tetapi hari ini saya meminta langsung beliau untuk memberikan ilmunya pada kita semua. Beliau adalah orang yang sudah lama bergeliat di dunia kehumasan, jadi ilmu yang dibagikan kepada kita bisa sangat bermanfaat," ujar Sekda.

Diakhir sosialisasi Kepala Biro Humas dan protokol setda Provinsi Gorontalo Zukri Surotinojo mengatakan sangat berterimakasih kepada pemateri Hasrullah yang sudah bersedia meluangkan waktunya memberikan materi yang begitu bermanfaat kepada seluruh staf humas.

"Terima kasih kepada pak doktor yang meluangkan waktunya dan juga kepada ibu sekda yang membantu kami bisa menerima materi yang sangat bermanfaat seperti ini, dengan harapan sosialisasi ini akan lebih meningkatkan

kompetensi humas dalam hal membentuk citra pemerintah daerah yang positif di mata masyrakat luas," kata Zukri Suratinojo.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017