Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wali Kota Gorontalo Marten Taha mengatakan keluarga menjadi penentu kuatnya ketahanan bangsa, karena merupakan ujung tombak pemerintahan untuk menyukseskan semua program.

Ketahanan bangsa, lanjut Marten, tidak hanya terletak pada aparat pemerintah daerah (Pemda), TNI maupun Polri dan organisasi kemasyarakatan yang mempertahankan keutuhan NKRI, tapi keluarga adalah penentunya.

"Untuk memberntuk ketahanan keluarga memang bukan hal mudah. Karena masing-masing dari keluarga memiliki karakter tersendiri untuk disatukan. Sehingga mesti ada inovasi dari pemerintah agar mereka bisa melahirkan generasi berkualitas," katanya, Kamis.

Inovasi yang dimaksud Marten adalah yang berhubungan langsung dengan keluarga. Hal itu seperti kesuksesan pada program keluarga berencana dan perlindungan anak di Kota Gorontalo.

Peran keluarga itu tidak terkecuali TP-PKK Kota Gorontalo. Bahkan TP-PKK diminta untuk bersinergi dengan instansi terkait untuk kesuksesan program lainnya seperti Posyandu.

"Sinergintas sangat dibutuhkan untuk memperkuat pemahaman keluarga, sehingga mampu menghasilkan keluarga yang bahagia dan sehat," katanya.

Tambahnya, salah satu tolok ukur ketahanan keluarga adalah dari kesejahteraan dan kebahagiaan mereka saat menerima program dari pemerintah.

Lewat program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS), pemerintah kota juga terus mensejahterakan keluarga yang ada di daerah tersebut.

"Kami ingin mereka terus bahagaia. Kami juga ingin indeks hidup di Kota Gorontalo bisa tinggi," katanya.

Pewarta: Febriandy Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017