Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi Gorontalo menyalurkan bantuan perikanan berupa sarana produksi usaha budi daya laut, air tawar, dan perikanan tangkap senilai Rp1,3 miliar di Desa Langge, Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gorontalo, Sutrisno, Jumat, di Gorontalo, mengatakan, bantuan senilai total Rp1,3 miliar ini diserahkan langsung Gubernur setempat Rusli Habibie kepada masyarakat Desa Langge.

Bantuan yang diserahkan di antaranya sarana produksi budi daya air tawar senilai Rp100 juta, bantuan benih ikan nila untuk 3 kelompok pembudi daya sebanyak 125 ribu ekor, sarana budi daya laut Rp422 juta terdiri dari bantuan sarana produksi bibit rumput laut satu paket untuk 7 kelompok dan bantuan pakan ikan senilai Rp36,8 juta sebanyak 1.360 kg untuk 6 kelompok.

Serta bantuan sarana perikanan tangkap berupa 4 unit bantuan mesin katinting 9 PK, total nilai Rp27,2 juta untuk 4 orang nelayan, ditambah bantuan sarana "cool box" kapasitas 120 dan 300 liter sebanyak 11 unit untuk 11 pedagang ikan.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan para pelaku perikanan di wilayah itu.

"Ini baru bantuan awal, sebab masih banyak lagi bantuan yang akan disalurkan Pemprov untuk seluruh kabupaten dan kota, termasuk bagi masyarakat Gorontalo Utara," ujar Rusli.

Pemerintah daerah setempat disampaikan Wakil Bupati Roni Imran mengaku, sangat mengapresiasi perhatian pemerintah provinsi bagi masyarakat di daerah ini.

"Komunikasi yang baik antara pemerintah daerah dengan pemprov sangat bermanfaat bagi masyarakat, sebab akan banyak bantuan akan disalurkan ke daerah ini. Maka pemerintah daerah sangat mendorong masyarakat untuk mendukung program dan kegiatan pemprov yang memprioritaskan peningkatan perekonomian," ujar Wakil Bupati.

Penyerahan bantuan tersebut, dalam rangka kunjungan kerja Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan jajarannya di kabupaten ini dirangkaikan dengan Bakti Sosial Merah Putih dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017