Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Gorontalo melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-72, di Museum Pendaratan Soekarno Danau Limboto, Kabupaten Gorontalo, Kamis.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN) Maryono yang bertindak selaku inspektur upacara menjelasakan penetapan lokasi upacara di Museum pendaratan pesawat Ampibi di kawasan Danau Limboto, dilatarbelakangi oleh sejarah kedatangan Presiden RI pertama di Provinsi Gorontalo.

"Dengan dijadikanya museum ini sebagai lokasi upacara, diharapkan masyarakat dapat menjunjung tinggi nilai-nilai perjuangan bangsa, termasuk perjuangan pahlawan nasional Nani Wartabone," kata Maryono.

Selain itu, Danau Limboto juga sebagai pusat perekonomian masyarakat Gorontalo sekitar kawasan danau, terutama para nelayan yang membudidayakan ikan air tawar.

PT BTN selaku koordinator kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Gorontalo, menyerahkan enam unit perahu nelayan senilai Rp100 juta ke pemerintah Kabupaten Gorontalo.

"Perahu ini diperuntukan bagi masyarakat sekitar Danau Limboto," ujarnya.

Dalam pidato upacara bendera, Maryono menyampaikan bahwa peran generasi muda ke depan adalah bagaimana mempertahankan kedaulatan NKRI, dimana di tengah arus globalisasi dan informasi terutama lewat media sosial saat

ini, peran pemuda sangatlah krusial.

Didukung perkembangan teknologi informasi saat ini, media sosial kalau disalahgunakan berpotensi dapat memecah belah bangsa Indonesia. Namun di sisi lain mampu mempererat toleransi dan saling menghargai satu sama lainnya.

"Olehnya itu, generasi muda harus terus menggaungkan semangat bahwa Kita Indonesia, Kita Pancasila," ungkapnya.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017