Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo bersama masyarakat membangun empat sumur air untuk mengatasi kekurangan air di lahan pertanian dan perkebunan daerah setempat.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo turut hadir saat pengeboran awal sumur di Kelurahan Bionga, Kecamatan Limboto, Sabtu dan mengatakan pembangunan sumur merupakan salah satu solusi untuk sumber air lahan warga.

Nelson mengungkapkan apresiasinya karena pembangunan sumur tersebut merupakan kerja sama dari bantuan swadaya masyarakat, Forum Keserasian Sosial yang dibantu oleh Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo.

"Hari ini kita membuktikan bahwa air ini sangat penting bagi kita, kalau ditempat lain banjir, tetapi hari ini kita justru mencari air, dan tinggal bagaimana air ini kita gunakan dengan baik," ujar Bupati.

Ia mengingatkan bahwa air sangatlah penting bagi kehidupan, oleh karena itu harus selalu dijaga dari sumbernya.

"Kurangnya air disini karena aliran air dari sungai berkurang saat musim kemarai dan ssaat musim hujan terjadi banjir, ini disebabkan karena rusaknya hulu, oleh karena itu marilah kita memperbaiki hulu secara bersama-sama," ungkap Nelson.

Kepada para camat, lurah, dinas terkait serta masyarakat, Nelson berharap agar tidak hanya memanfaatkan air saja, namun bisa menjaga lingkungan sekitar.

"Semoga dengan adanya sumur air ini, tidak ada lagi masalah air, dan juga semoga air dari sumur ini bisa digunakan untuk mengairi sawah dan juga untuk keperluan bersama lainnya," tambahnya.

Kegiatan itu juga turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Hadijah U Tayeb, Kepala Dinas Sosial Safwan Bano, Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Camat dan Lurah serta masyarakat.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017