Gorontalo, (ANTARA GORONTALO)- Anggota KPU-RI Evi Novida Ginting mengatakan penyerahan piagam penghargaan bagi pemilih berusia 17 tahun dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik merupakan terobosan atau inovasi baru, dan ini patut menjadi dijadikan contoh bagi KPU lainya.

"Ini terobosan baru untuk sosialisasi terlebih untuk pemilih pemula, dan memang perlu diberitahukan bahwa mereka sudah punya hak pilih," kata Evi Novida setelah peluncuran Pilkada Gorontalo Utara.

Menurutnya, dengan adanya kartu ucapan atau piagam penghargaan kepada pemilih pemula menandakan mereka sudah punya hak, dan bagaimana juga nanti mereka menggunakan hak pilihnya.

"Sosialisasi sejak dini kepada pemilih pemula ini lewat kartu ucapan sangat inovatif," ujarnya.

Pada peluncuran Pilkada Gorontalo Utara dan Kota Gorontalo 2018, KPU menyerahkan piagam penghargaan, KTP elektronik dan kaos bagi sejumlah pemilih pemula yang sudah berusia 17 tahun.

Dalam kartu ucapan, terdapat pesan-pesan seperti "Selamat anda memasuki usia 17 tahun", sukses menggapai cita-cita. Sesuai ketentuan perundang-undangan, anda berhak memilih dalam pemilihan kepala daerah, legislatif, Presiden dan Wakil Presiden.

"Berharap ada peningkatan kepada masyarakat dalam menggunakan hak pilih dan lewat penggunaan KTP-el, KPU bisa meminimalisir persoalan pemutakhiran data pemilih, karena KPU telah menggunakan data Dukcapil (e-KTP) sebagai dasar pendaftaran pemilih," ujar Evi Novida yang juga koordinator wilayah Provinsi Gorontalo.

Ia menambahkan, koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri sudah dilakukan, dimana pemerintah sudah menyeiapkan blangko KTP-el, selain untuk persiapan Pileg dan Pilpres juga untuk Pilkada 2018.

Kegiatan untuk pemilih pemula ini merupakan kerja sama KPU Provinsi Gorontalo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Gorontalo maupun kabupaten/kota, yang merupakan bagian dari pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017