Los Angeles, (Antara/Reuters) - Donald Sutherland, aktor film "MASH," "The Hunger Games" dan lebih dari 140 film lainnya, akan menerima Oscar atas prestasinya sepanjang hidup, juga sutradara asal Belgia Agnes Varda, demikian pernyataan penyelenggara Oscar.

Sutherland dan Varda akan bergabung dengan sutradara film independen Afrika-Amerika Charles Burnett serta sinematografer Owen Roizman dalam menerima Oscar kehormatan dalam suatu upacara di Los Angeles pada November, menurut Akademi Seni dan Ilmu Perfilman dalam pernyataannya.

Presiden Akademi John Bailey mengatakan para penerima penghargaan mencerminkan luasnya pembuatan film internasional, independen dan arus utama, juga merupakan penghormatan kepada empat seniman hebat yang karyanya mewujudkan keragaman kemanusiaan.

Sutherland, 82, memiliki karir yang mencakup lima dekade, dimulai dengan terobosannya pada 1967 di film "The Dirty Dozen." Dia kemudian berperan sebagai ahli bedah militer yang kocak, Hawkeye Pierce, dalam versi film "MASH" pada 1970, serta perannya dalam film menegangkan, "Don't Look Now" dan "Klute."
   
Sutherland, ayah dari aktor film "24" Kiefer Sutherland, berperan sebagai Presiden Snow di keempat film "Hunger Games". Dia belum pernah dinominasikan Oscar.

Sementara itu, Varda yang merupakan kelahiran Belgia, telah bereksperimen dengan film pendek, film dokumenter dan film layar lebar sepanjang karirnya selama lebih dari 60 tahun. Dia disebut sebagai ibu dari New Wave Prancis dengan filmnya seperti "Cleo from 5 to 7," "Le Bonheur," dan "One Sings, the Other Doesn't."
   
Burnett adalah pembuat film independen yang karyanya, seperti "America Becoming," telah mendapatkan pujian karena penggambarannya soal pengalaman Afrika-Amerika.

Sedangkan Roizman, ia telah mendapat lima nominasi Oscar atas karyanya sebagai sinematografer pada film seperti "The French Connection," "Tootsie" dan "Network."
   
Oscar kehormatan akan dipresentasikan pada acara makan malam perdana pada 11 November.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017