Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, dalam rangka pengembangan program "Smart City".

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Selasa, mengatakan kerja sama mengenai Smart City adalah semua pembangunan berdasarkan teknologi informasi (TI) dan didukung infrastruktur serta sumber daya manusia yang memadai.

"Ketertarikan kami dengan penerapan konsep TI Pemkot Bandung karena semua bisa efisien, transparan dan lebih cepat," kata Nelson.

Selain menurut Nelson, Wali Kota Bandung Ridwal Kamil juga mendorong penguatan SDM pada jajaran pemerintahan serta kolaborasi pemimpin dan jajarannya.

Nelson mengungkapkan bahwa titik pusat konsep TI yang dikerjasamakan yaitu E-Budgeting dan E-Planning sistem informasi perencanaan pembangunan daerah.

"Pada tahun 2018, Kabupaten Gorontalo akan mempercepat konsep E-Budgeting dan E-Planning dengan mulai menganggarkannya," ucap Nelson, lagi.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Ridwal Kamil menyampaikan bahwa membangun Kota Bandung ditunjang oleh inovasi konsep berbasis TI selain didukung dengan dana CSR yang cukup banyak untuk pengembangan insfratsuktur dan mempertinggi indeks kebahagiaan.

Pada prinsipnya kata Ridwan Kamil, konsep inovasi yang dijalankan adalah dengan pelayanan hadir di masyarakat, berbagai pelayanan pemerintah di bawa turun hingga ke desa untuk masyarakat.

Sedangkan pola yang dijalankan adalah perpaduan antara Inovasi, kolaborasi dan desentralisasi. Pihaknya pun menyambut baik kerjasama tersebut dan berharap tercipta hubungan yang baik.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017