Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou optimistis bantuan alat-alat mesin pertanian maupun ternak sapi khusus ke petani, bisa tepat sasaran dan dioptimalkan dengan baik.

"Kabupaten Bone Bolango memiliki luas lahan pertanian yang besar, sehingga dukungan teknologi pertanian sangat penting," kata Bupati belum lama ini.

Adapun data dari Dinas Pertanian setempat bahwa bantuan alat mesin pertanian yang bersumber dari APBN tahun 2017 senilai Rp6,4 miliar serta bantuan ternak sapi bali, bibit untuk pengadaan sapi lewat APBD tahun 2017 sebanyak 1.960 ekor senilai Rp14,2 miliar, bisa tersalurkan dengan optimal.

Sebelumnya pada proses penyaluran bantuan alsintan di antaranya, traktor roda empat berjumlah empat unit senilai Rp496 juta, traktor roda dua berjumlah 13 unit senilai Rp31.150.000, pompa air 22 unit senilai Rp28.350.000, combine hasverter delapan unit Rp426.000.000, dan transplanter satu unit Rp62.350.000.

"Bantuan ini juga untuk memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan semua potensi sumber daya alam sektor pertanian. Sehingga bisa menekan angka kemiskinan di daerah," jelasnya.

Sementara, warga Bone Bolango memberi apresiasi upaya Pemkab Bone Bolango memberikan dukungan kepada petani dalam bentuk teknologi pertanian, sehingga bisa meringankan beban kerja petani.

"Kalau petani terbantu dengan teknologi pertanian, secara otomatis produksi hasil pertanian, khususnya produksi beras bisa meningkat," ujar Farid, salah satu warga setempat.

Di satu sisi juga, produksi beras melimpah berdampak pada penjualan harga beras di daerah bisa murah dan membantu warga kurang mampu. (adv/humas)

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017