Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo mensosialisasikan program layanan dokter online, "Pak Dok" di Pentadio Resort.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Jumat, mengatakan melalui program tersebut masyarakat Kabupaten Gorontalo akan mendapatkan kemudahan dalam memperoleh layanan pengobatan dan konsultasi kesehatan.

Program Pak Dok merupakan tindak lanjut pertemuan bupati bersama tim dokter yang mengembangkan program pak dok tersebut.

"Layanan pak dok ini merupakan sebuah inovasi baru di bidang kesehatan, dalam rangka meningkatkan layanan kepada pasien rumah sakit maupun kepada masyarakat yang dapat dilakukan secara online," ujarnya.

Menurut Nelson, pembangunan kesehatan adalah bagian integral dari pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

"Layanan pak dok ini nantinya akan dikolaborasikan dengan Rumah Sakit, Puskesmas, dokter dan apoteker sehingga masyarakat dan pasien akan lebih mudah, lebih cepat dan lebih efisien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan," jelasnya.

Ia meminta ujicoba dari layanan tersebut untuk mengetahui aspek mana saja yang masih perlu dibenahi. Jika sudah memenuhi standar layanan maksimal, maka diharapkan pada awal tahun 2018 sudah dapat beroperasi.

"Saya berharap bulan September hingga November tahun 2017 adalah tahapan sosialisasi dan pemberlakukannya mulai 1 Januari 2018," pungkasnya.

Bupati menambahkab bahwa pada prinsipnya pelayanan kesehatan adalah kebutuhan seluruh masyarakat, dan sudah harus mengikuti tuntutan jaman yang lebih cepat, efisien.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017