Gorontalo, (Antara) - Dua produk unggulan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, kopi organik pinogu dan gula aren, ikut dipamerkan pada Festival Pesona Buol, di Sulawesi Tengah.

Kepala Bagian Humas Pemkab Bone Bolango, Rizal Djunaid, mengatakan dua produk itu menjadi ikon dalam menunjang ekonomi kerakyatan di daerah.

Menurutnya, kehadiran Pemkab Bone Bolango di Kabupaten Buol itu, untuk memeriahkan festival Buol serta perayaan hari ulang tahun ke-18 daerah itu, yang mengedepankan promosi potensi daerah.

Kabupaten Bone Bolango yang terkenal dengan sektor pertanian, kelautan perikanan hingga pariwisata alamnya, dipromosikan dengan harapan bisa menarik minat investor maupun wisatawan ke daerah itu.

Sebelumnya juga kopi organik Pinogu telah disajikan di Istana Presiden di Bogor, 1 Oktober 2017.

"Kopi khas Bone Bolango ini menjadi satu dari 7 daerah yang diundang Dalam rangka memperingati Hari Kopi International di Istana Bogor," kata Bupati Hamim Pou sambil menyebut kegiatan yang diprakarsai Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf RI), bertajuk "minum kopi bareng Presiden".

Kopi Pinogu sudah keluar Sertifikasi Indikasi Geografis. Buktinya juga sudah ditetapkan sebagai kopi organik dengan kualitas "excellent grid A".

"Itu juga bukti dan kesungguhan kita mengkreasikan dari kopi yang tidak dikenal menjadi sangat terkenal hari ini. Menaikan pamornya dan mengemas dengan sangat baik," ujar Bupati yang mengakui hasilnya luar biasa. (adv/humas)

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017