Gorontalo, (Antara) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma menilai masuknya proyek strategis nasional di daerah itu, memiliki besar manfaatnya bagi masyarakat dan kemajuan daerah.

"Kami sudah memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa yang dibangun oleh negara tidak satupun akan merugikan rakyat. Pasti dampak manfaatnya yang lebih besar, pemerintah sudah memperhitungkan baik buruknya," kata Sekda, menanggapi penolakan warga terhadap pembangunan Waduk Bulango Hulu di daerah itu.

Menurutnya, terkait pembangunan waduk Bulango Hulu yang masuk dalam proyek strategis nasional di Kabupaten Bone Bolango, justru akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Manfaat yang bisa dirasakan masyarakat, bisa untuk energi, irigasi, pariwisata, pertanian dan juga untuk olahraga.

Ia menjelaskan, ada beberapa desa terdampak akibat pembangunan waduk Bulango Hulu, di antaranya yaitu Mogiilo, Mongiilo Utara, Owata, dan Pilolaheya, kurang lebih ada sekitar 350 Kepala Keluarga (KK) atau hampir 1.000 jiwa.

"Ada sekitar 10 poin kesepakatan hal yang menjadi tuntutan masyarakat, dan hal ini yang dicoba akan disampaikan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II ke pemerintah pusat," ujarnya.

Menurutnya, selama ini masyarakat meminta kepastian seperti apa konsep pembangunan waduk tersebut, sehingga instansi terkait telah menyiapkan sebuah video animasi pembangunan waduk.

"Di video itu akan terlihat jelas, kalau waduk ini jadi dibangun, maka modelnya akan seperti yang dilihat masyarakat,"tambahnya.

Terkait dengan ganti rugi lahan, rumah dan pertanian milik masyarakat yang terdampak pembangunan tersebut, ia menegaskan bahwa tidak ada satupun warga yang dirugikan, semua akan diuntungkan, diberikan kompensasi yang wajar.

Bahkan pada saat masyarakat beralih dari kawasan areal terdampak pembangunan ke kawasan yang baru, mereka akan diberikan semacam biaya hidup selama mereka belum menemukan mata pencaharian tetap.

"Untuk memastikan pembangunan ini, Gubernur Gorontalo bersama Forkopimda akan segera turun ke lokasi Desa Owata dan Mongiilo, memberikan pejelasan yang seterang-terangnya seperti apa wujud dari pada waduk, Bulango Hulu," ucapnya.

Ia berharap saat sosialisasi nanti bisa ada representasi atau perwakilan dari masyarakat, untuk bisa hadir mendengarkan penjelasan pembangunan waduk, lebih bagus jika semua warga bisa hadir. 

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017