Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendukung program pengurangan impor ternak sapi potong secara nasional.

"Tahun 2018 nanti, kita menargetkan produksi ternak sapi potong meningkat di daerah ini ditunjang dengan program peningkatan ternak melalui inseminasi yang terus meningkat sejak tahun 2015, rata-rata per tahun mencapai 2.000 ekor," kata Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Senin di Gorontalo.

Saat ini kata dia, populasi ternak sapi di daerah itu mencapai 24.650 ekor dari potensi produksi mencapai 100.000 ekor per tahun.

Melalui kerja sama Utara-Utara antara daerah itu dengan Pemkab Buol Sulawesi Tengah dan Pemkab Bolaang Mongondow Utara Sulawesi Utara, diharapkan percepatan produksi ternak sapi potong bisa menunjang program pengurangan impor sapi secara nasional.

Gorontalo Utara sendiri kata Bupati, terus mendorong para peternak untuk mengoptimalkan produksinya diantaranya melalui bantuan ternak secara langsung maupun bergulir.

Ditunjang dengan upaya mengajak peternak agar fokus beternak sapi melalui sistem kandangan yang berdampak pada kualitas dan bobot ternak.

Serta program melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat, dalam mendorong peternak untuk melakukan melaksanakan program pemeliharaan dan penggemukan khusus ternak sapi potong.

"Pemkab pun menargetkan menjadikan daerah ini sebagai lumbung ternak sapi dan daging sapi berkualitas," ujar Bupati Indra.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017