Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Artis dan juga pebisnis Zaskia Sungkar siap mempromosikan kain sulam Karawo khas Gorontalo usai menjadi narasumber pada kegiatan Temu Responden Bank Indonesia di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"Adanya kunjungan melalui undangan kantor perwakilan BI Gorontalo, rencananya pada bulan puasa tahun depan saya akan membuat pakaian dengan menggunakan bahan sulam Karawo," ucapnya di Gorontalo, Selasa.

Soal desainnya seperti apa, akan menjadi kejutan karena masih memikirkan konsep menggunakan kain sulam Karawo secara matang, ujarnya.

"Semua ada filosofinya, nilai kerajinan ini harus kita hargai karena menurut aku jika di luar negeri harus bersusah payah membuat couture (adibusana) sedangkan di Indonesia sudah sangat couture," jelasnya.

Menurutnya, dengan proses pembuatan serta material yang digunakan pakaian Indonesia sudah menjadi couture.

Untuk pembuatan pakaian menggunakan bahan sulam Karawo Zaskia menungkapkan akan melibatkan perajin dari Gorontalo.

"Pastinya saya akan melibatkan perajin Karawo Gorontalo, seperti batik betawi saya bikin di Jakarta dan sulam Bukit Tinggi juga dari daerah asalnya," ungkap Zaskia, lagi.

Zaskia mengungkapkan bahwa sulam Karawo sangat bagus dan baru kali ini saya melihat dan mengenakan langsung pakaian berbahan sulam Karawo.

"Karawo ini sudah menjadi kerajinan turun temurun di Gorontalo dan dengan sentuhan desain yang bagus pasti akan lebih baik lagi," tambahnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017