Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan bahwa perlu adanya koordinasi dari berbagai pihak dalam pengelolaan air limbah domestik.

"Kita harus mengelola lingkungan dengan benar, mulai dari lingkungan rumah, sungai bahkan kawasan danau," kata Nelson pada kegiatan penyusunan peraturan daerah Kabupaten Gorontalo tentang pengelolaan air limbah domestik di Gorontalo, Jumat.

Ia menjelaskan, lingkungan yang paling dekat dengan manusia adalah pemukiman, namun Kabupaten Gorontalo yang notabene memiliki pusat pemukiman masih belum semuanya di data.

"Saya berharap pengelolaan air limbah domestik bisa diperbaiki dengan baik sehingga penyehatan lingkungan itu bisa dirasakan oleh masyarakat sehingga dengan rancangan peraturan daerah (ranperda) air limbah ini tidak sekedar mengikat tapi bagaimana mengimplementasi rancangan peraturan daerah," ujarnya.

Bupati pun berharap ranperda tersebut sudah bisa dimediasi melalui aturan serta koordinasi pemerintah Kabupaten Gorontalo.

"Saya juga berterima kasih Satuan Kerja (satker) Pemerintah Provinsi Gorontalo yang telah berkoordinasi baik dengan kami. Setiap masalah tetap ada jalan keluar," ungkap Nelson.

Pengaturan air limbah sendiri dirasa penting karena persoalan dari daerah berkembang adalah air limbah.

Jika air limbah tidak atur dan ditangani lebih awal maka daerah akan sulit berkembang, oleh karena itu pembangunan infrastruktur harus sejalan dengan pengelolaan limbah domestik untuk rumah dan perumahan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017