Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, mengevaluasi perkembangan dan kemajuan Industri Kecil Menengah (IKM) sains produk lokal di Desa Toyidito.

Ketua Dekranasda Kabupaten Gorontalo Fory Naway, Rabu, mengatakan IKM yang dikunjungi yaitu IKM dodol jagung, stik akar pisang dan kacang keong, sulam karawo dan mintu.

Evaluasi tersebut dilakukan usai berbagai pembinaan dan pelatihan yang telah dilaksanakan melalui Dinas UKM dan Perindustrian Perdagangan sebagai upaya memajukan perajin dan pelaku usaha IKM.

"Dari hasil pembinaan dan pelatihan yang kita lakukan, para perajin menghasilkan produk unggulan yang cukup baik, seperti kerajinan Karawo, kerajinan mintu, termasuk olahan makanan khas daerah yang dibuat oleh pelaku IKM seperti ditempat ini," jelas Fory.

Fory juga mengingatkan agar pelaku usaha makanan selalu mempertahankan sertifikat halal serta berizin untuk mempertahankan kualitas.

"Mengingat perubahan ekonomi sekarang ini, maka masyarakat dituntut agar lebih semangat dan berusaha lagi untuk mencapai pekerjaan memenuhi ekonomi sendiri dan keluarga dalam rangka mempeluas lapangan pekerjaan untuk meningkatkan kesejahteraan," ungkap dia.

Pada kegiatan itu juga, Dekranasda Kabupaten Gorontalo meneruma dua proposal dari UKM Desa Toyidito yang akan ditindaklanjuti oleh Dinas UKM Perindustrian dan Perdagangan melalui kerja sama dalam penambahan bantuan.

Pada tahun 2015 lalu, pemerintah desa telah membuat kelompok pelaku usaha dan mendapatkan bantuan 20 unit mesin cetak serta 10 paket kompor gas untuk peralatan bersama.

Dari satu kelompok tersebut, akhirnya berkembang dan saat ini telah menjadi empat kelompok yang telah memproduksi berbagai jenis produk dan mampu menyerap tenaga kerja.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017