Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, memiliki 372 unit usaha gula merah yang terdapat di Sentra Aren Terpadu Kecamatan Bulango Ulu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bone Bolango, Basir Noho, Selasa, mengatakan saat ini Sentra Aren Terpadu didukung oleh Kementerian Perindustrian dengan revitalisasi sentra Industri Kecil Menengah (IKM) aren.

"Sentra Aren Terpadu di Bulango Ulu telah memiliki kantor Unit Pengelolaan Terpadu (UPT), Unit Pengolahan Hasil, gedung pengemasan dan gedung promosi," ujar Basir.

Ia menjelaskan bahwa dalam satu hari setiap perajin di unit usaha mampu menghasilkan 10 kilogram gula aren yang pemasarannya dilakukan secara lokal dan sesuai pesanan.

"Pohon aren dapat menghasilkan berbagai produk, dan saat ini kita sedang mengembangkan gula semut aren atau biasa di sebut Gula Aren Bulango Ulu (Gabulu)," pungkasnya.

Namun untuk gula semut aren, baru diproduksi oleh 25 unit usaha yang dibina dan difasilitasi dengan Rumah Produksi Aren (RPA).

"RPA tersebut kita bangun sesuai dengan persayaratan sanitasi dan higienitas, karena selama ini gula aren di Bulango Ulu masih diproduksi secara tradisional," ucap Basir, lagi.

Gabulu menurut Basir akan menjadi merk hasil aren yang ada di Kecamatan Bulango Ulu, dengan produk utamanya gula semut, dan turunannya adalah gula merah cair, gula merak balok dan gula merah bulat, cuka aren serta kolang kaling.

"Semuan hasil industri olahan dari pohon aren oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango diberi merk Gabulu," tambahnya. 

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017