Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Provinsi Gorontalo memfasilitasi penyandang disabilitas untuk memberikan kebahagiaan dan aktifitas agar tidak hanya berdiam diri.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Rabu, mengatakan bahwa fasilitas yang diberikan yaitu bantuan usaha dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar hidup mereka.

"Mereka adalah rakyat Kabupaten Gorontalo, oleh karena itu bukan saja masyarakat yang lengkap hidupnya saja diperhatikan, namun orang seperti penyandang disabilitas kita bantu," jelas Bupati usai memberikan bantuan usaha kepada penyandang disabilitas dan disabilitas mental eks jiwa di Limboto.

Demikian juga kata Bupati untuk disabilitas mental eks jiwa yang harus diberikan bantuan dari segi psikologisnya agar benar-benar pulih saat mereka mengalami gangguan jiwa dan diberikan bantuan bentuk usaha saat sudah pulih.

"Dengan begitu mereka bisa konsentrasi kalau punya usaha, mereka ada kebahagian dan kalau ada kebahagian maka Insyallah tidak mengalami gangguan jiwa lagi," pungkasnya.

Pada kegiatan pemberian bantuan usaha itu, Bupati Nelson juga memberikan bimbingan dan motivasi bagi anak putus sekolah.

Menurutnya saat ini pihaknya memperhatikan dan membantu anak putus sekolah walaupun memiliki keterbatasan.

"Ada 54 ribu anak kurang mampu di Kabupaten Gorontalo, dan saya sudah meminta dinas terkait untuk mendata dan kemudian akan kita tangani bersama," ujarnya.

Ia memberi contoh jika ada anak putus sekolah yang memerlukan pekerjaan, maka Dinas Tenaga Kerja harus turun tangan, jika mereka ingin sekolah lagi maka Dinas Pendidikan yang akan bertindak.

"Dengan cara penanganan bersama, maka permasalah ini bukan hanya ditangani oleh Dinas Sosial tapi oleh kita semua," ujarnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017