Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Kecamatan Pinogu di wilayah pelosok Kabupaten Bone Bolango masih belum menikmati fasilitas listrik, sehingga masyarakat berharap Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bisa membantu mereka.

Kepala Dinas Kehutanan Pertambangan dan Energi Kabupaten Bone Bolango, Jumaidil Idil di Gorontalo, Kamis, mengatakan, bahwa banyak wilayah di daerah itu yang sulit untuk mendapatkan aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Sehingga, salah satu solusi yang bisa diterapkan adalah pengadaan fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

"Kami sangat berterima kasih kepada Kementrian ESDM RI karena telah memberikan bantuan PLTS untuk beberapa wilayah," Kata Jumaidil.

Berkat bantuan dari Kementrian ESDM RI, masyarakat yang ada di pelosok sudah menikmati manfaat dari penggunaan fasilitas listrik.

Wilayah yang telah mendapatkan bantuan PLTS dari Kementrian ESDM RI itu adalah Kecamatan Bolango Ulu, dan terpusat di Desa Ilomata.

Dia menambahkan, PLTS terpusat berkapasitas 15 Kwp itu, saat ini sudah dinikmati oleh 75 Kepala Keluarga (KK) yang ada di Desa Ilomata.

"Namun, kami berharap kapasitasnya bisa bertambah 5 Kwp lagi untuk penerangan bagi 45 KK yang ada di tiga dusun," Katanya.

Selain itu, Kecamatan Pinogu yang memiliki penduduk sebanyak 3.000 jiwa pun diharapkan bisa mendapatkan bantuan serupa dari Kementrian ESDM RI. 

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014