Gorontalo, (Antara) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango terus memperjuangkan akses energi listrik ke wilayah terpencil Pinogu, sehingga warga setempat bisa menikmati pemerataan pembangunan.

Wakil Bupati Bone Bolango Kilat Wartabone telah menemui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), untuk meminta persetujuan terkait pasokan listrik akan melewati jalur Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW), karena wilayah Pinogu berada di kawasan dilindungi itu.

"KLHK yang berwenang untuk mengeluarkan izin jika ada aktivitas di kawasan dilindungi seperti TNBNW, karena menjaga habitat konservasi alam tidak rusak," ujar Wabup belum lama inio.

Wabup telah menemui langsung Staf Ahli Menteri LHK Hudoyo dan mendapar respon positif, demi untuk kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Ia mengakui bahwa Pemkab Bone Bolango mendukung sepenuhnya program PLN Persero Wilayah Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo) membangun jaringan listrik untuk suplai di Kecamatan Pinogu.

"Wujud dukungan ini tentu memperjuangkan dan memjembatani dengan melakukan fasilitasi ke KLHK untuk dapat beroleh izin," jelasnya lagi.

Menanggapi usulan permohonan izin terkait rencana pembangunan jaringan listrik ke Pinogu tersebut, Staf Ahli Menteri KLHK Hudoyo mengatakan untuk pembangunan jaringan listrik di dalam kawasan taman nasional memungkinkan melalui pola perjanjian kerja sama.

"Sepanjang seluruh persyaratannya dipenuhi sesuai regulasi yang ada. Apalagi ini menyangkut kegiatan strategis menyangkut kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Hingga saat ini, Kecamatan Pinogu baru memiliki pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), yang optimalisasi masih terbatas, sehingga dukungan pasokan energi listrik ke PLN sangat dibutuhkan. (adv/humas)

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017