Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, terus berupaya mewujudkan ketahanan pangan daerah berbasis produk perikanan.
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Gorontalo Abdul Bar Yahya, Jumat, mengatakan ketahanan pangan merupakan bagian dari upaya pemenuhan hak atas pangan yang merupakan hak asasi manusia.

"Hal ini juga untuk mendukung terwujudkan ketahanan pangan nasional dan menjadi modal pembentukan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas, mandiri dan sejahtera," katanya.

Ia mengungkapkan bahwa untuk dapat mewujudkan hal tersebut, maka salah satu strategi yang dilakukan, yaitu mendukung "Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan" (Gemarikan).

"Program ini merupakan gerakan nasional yang bertujuan untuk melembagakan peningkatan dan pemerataan konsumsi ikan nasional sampai di tingkat daerah," ujar Abdul Bar Yahya.

Menurut dia, upaya perbaikan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan konsumsi ikan merupakan tanggung jawab semua pihak.

Termasuk segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Gorontalo, para akademisi, praktisi serta pelaku perikanan di Kabupaten Gorontalo.

"Kegiatan Gemarikan ini Insya Allah dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat untuk mewujudkan masyarakat Gorontalo yang gemar makan ikan setiap hari serta mendukung peningkatan SDM yang kuat dan cerdas," katanya.

Sementara itu, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Gorontalo Fory Naway mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengonsumsi ikan setiap hari.

"Ikan merupakan salah satu pangan yang kaya akan gizi serta baik untuk anak. Marilah kita sama-sama mengkampayekan makan ikan untuk mewujudkan generasi sehat, cerdas dan gemilang," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017