Gorontalo,  (ANTARAGORONTALO) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (PKM) dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar kegiatan bertajuk "festival young interpreneur" guna melatih menjadi usahawan muda.

"Kegiatan expo tingkat Universitas yang telah kami laksanakan sejak tahun 2010 ini awalnya hanya kami laksanakan tingkat jurusan saja, namun melihat banyaknya antusias dan minat dari para mahasiswa terhadap kegiatan ini membuat kami menaikkannya menjadi tingkat universitas," kata Penaggungjawab UPT PKM Lailany Yahwa, Rabu.

Ia menjelaskan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang dilaksanakan tahun ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana hanya produk makanan saja yang menjadi prioritas utama expo.

Tahun ini pihak UPT PKM juga menambahkan pameran produk iklan serta produk desain terbaik perwakilan dari seluruh Senat Fakultas UNG pada expo yang dilaksanakan sejak Rabu itu.

Lailany mengatakan kegiatan ini menjadi wadah yang tepat bagi para usahawan muda yang ada di UNG untuk dapat mengembangkan ide kreatif mereka dalam berwirausaha.

"Tujuan utama dilaksanakannya kegitan ini tentunya untuk memotivasi para mahasiswa agar nantinya setelah mereka meraih gelar sarjana, mereka akan dapat menciptakan lapangan kerja yang tentunya dapat mengurangi tingkat pengangguran yang kita ketahui semakin hari semakin bertambah jumlahnya," jelasnya.

Ia menambahkan selain mengadakan pameran expo wirausaha, pihak panitia juga melakukan penilaian pada setiap produk yang dipamerkan, dan dari setiap pemenang kategori lomba ini nantinya akan dikirimkan sebagai kandidat perwakilan UNG dalam mengikuti ajang kewirausaha tingkat Nasional.

"Pada kegiatan ini kami juga menghadirkan beberapa Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Gorontalo, dengan tujuan agar para mahasiswa yang baru merintis usaha ini dapat termotivasi untuk terus giat dalam berwirausaha, seperti UKM tersebut yang melihat pasar sebagi peluang pengembangan usaha mereka," jelasnya.

Selain itu Rektor Universitas Negeri Gorontalo Syamsu Qamar Badu berharap semoga kegiatan expo wirausaha ini di tahun yang akan datang dapat dilaksanakan tidak hanya di dalam lingkungan kampus saja, tetapi juga dilaksanakan di luar lingkungan kampus, agar nantinya membuat produk-produk hasil karya para mahasiswa dapat dikenal seluruh masyarakat Gorontalo.

Pewarta: Siti Hardianti

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017