Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyalurkan bantuan sosial ke Kecamatan Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo, senilai Rp9 miliar, sebagai bentuk bakti sosial jelang HUT ke-17 provinsi itu pada 5 Desember 2017 nanti.

"Saat ini, sudah kesekian kalinya berkunjung ke pelosok desa yang dirangkaikan dengan HUT Provinsi Gorontalo ke-17, beragam bantuan ini sengaja kami berikan untuk berbagi dengan warga kurang mampu, sebagai rasa syukur perayaan HUT provinsi yang sama kita cintai ini," kata Rusli, Jumat.

Gubernur didampingi ketua Tim Penggerak TP-PKK Idah Syahidah menggelar beragam acara di antaranya pengobatan kesehatan gratis, Program Forikan (Forum Makan Ikan) dengan menjual ikan murah, penyerahan bantuan kebutuhan pokok, serta penyerahan santunan bagi 1.000 orang dari Badan Amil Zakat Daerah (Bazda).

Adapun bantuan senilai Rp9 miliar itu untuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) bagi 20 kelompok, sepeda motor ikan dilengkapi box pendingin sebanyak 12 unit.

Kemudian sarana produksi budidaya air tawar bagi empat kelompok, pupuk MPK dan jagung hibrida seluas 2.100 Hektar serta bantuan rekening pupuk.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan forum makan ikan, sebuah program untuk mengkampanyekan makan ikan di kalangan masyarakat yanga ada di kecamatan Boliyohuto sendiri merupakan daerah yang cukup jauh dari pantai sehingga akses ikan laut segar sulit untuk didapatkan.

Selain itu, masyarakat setempat yang sebagian besar berasal dari suku Jawa dan Sunda, terbiasa untuk mengkonsumsi tahu, tempe dan daging. Oleh karena itu digelar kampanye makan ikan, termasuk bagi para siswa siswi SD.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017