Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Polres Pohuwato mengimbau masyarakat dan nelayan di pesisir Desa Pohuwato Timur, Kecamatan Marisa, Provinsi Gorontalo untuk menjaga kelestarian lingkungan dan laut di daerah tersebut.

Kapolres Pohuwato AKBP Ary Donny Setiawan, Rabu, mengatakan penyampaian kepada masyarakat tersebut dilakukan melalui satuan tugas pembinaan dan penyuluhan "Operasi Bina Karuna Otanaha 2017".

"Dengan menjaga lingkungan pesisir, kita dapat mengantisipasi timbulnya banjir rob jika air laut pasang," ujar Kapolres.

Ia mengungkapkan salah satu penyebab banjir rob saat pasang yaitu perluasan tambak milik warga. Oleh karena itu pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak memperluas areal tambah demi keamanan dan keselamatan warga sekitar.

"Tim satgas juga melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada nelayan untuk menjaga kelestarian sumber daya laut, dengan mengingatkan agar mereka tidak melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan bom," tegasnya.

Menurut Ary Donny, penggunaan bom ikan dapat merusak ekosistem, membahayakan nelayan serta ikan yang terkena dapat terkontaminasi zat berbahaya.

"Kami juga meminta warga agar selalu menjaga kebersihan pantai dari kotoran atau sampah, hal ini bertujuan agar masyarakat yang tinggal di pesisir pantai terhindar dari berbagai jenis penyakit," pungkas dia.

Kapolres Pohuwato pun mengajak agar menjadikan Kamtibmas sebagai kebutuhan.

"Marilah kita bersama-sama menjaga keamanan lingkungan agar selalu merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan aktifitas maupun saat sedang beristirahat," imbau Kapolres.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017