Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Sebagai aparatur di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Yayan mengaku berkomitmen tinggi membangkitkan kesadaran masyarakat tangguh bencana.

Pria yang menjabat Kepala Seksi Pencegahan BPBD itu mengaku, telah menjalankan tugasnya sejak 17 November 2015 hingga saat ini.

"Sejak dipercaya mengemban amanah ini, saya bersama tim BPBD terus berupaya mewujudkan ketangguhan daerah dalam menghadapi bencana," ujar Yayan, Jumat.

Hal itu penting, kata dia, sebab tidak dapat dipungkiri jika kabupaten itu merupakan wilayah rawan bencana alam secara keseluruhan.

Maka untuk mengimbangi upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan infrastruktur untuk menanggulangi bencana alam, maka dukungan bagi masyarakat menjadi pribadi bahkan komunitas tangguh sadar bencana, perlu terus dibangkitkan.

Sebab, BPBD berupaya melindungi dan meningkatkan kapasitas masyarakat melalui upaya pengurangan resiko bencana, maka masyarakatnya wajib sadar dan tangguh dalam berbagai bentuk penanggulangan sedini mungkin.

Secara intensif tim BPBD terus sosialisasikan kegiatan penanggulangan bencana kepada masyarakat.

Bahkan sepanjang bulan November, sosialisasi tersebut intensif di desa-desa pesisir melibatkan masyarakat, termasuk pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan hingga para ibu rumah tangga.

Harapannya, kata Yayan, peningkatan masyarakat sadar tangguh bencana akan terbentuk dan mampu bersama menciptakan inovasi yang dapat direkomendasikan untuk pemerintah daerah dalam upaya penanggulangan bencana daerah.

Yayan pun berharap, peningkatan sumber daya aparatur dari segi kuantitas maupun kualitas yang ditempatkan di BPBD akan terus meningkat.

Termasuk dukungan anggaran yang memadai dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di daerah itu.

Mengingat banyak program prioritas BPBD, diantaranya membentuk desa tangguh bencana (Destana), sosialisasi pelatihan relawan bencana (PRB) kepada masyarakat dan siswa, penerapan sekolah/madrasah aman bencana (SMAB) dan simulasi penanggulangan bencana.

Yayan mengaku sangat menyenangi tugasnya, bahkan dia terus meningkatkan pemahaman masyarakat dalam upaya pengurangan risiko bencana agar terlaksana dan diterima dengan baik oleh masyarakat.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017