Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Program "Jumat Menanam" yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, diharapkan bisa mendukung ketersediaan air bersih di daerah.

Kepala Bidang Pengendalian, Pengawasan, Kerusakan Lingkungan dan AMDAL Balai Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bone Bolango, Salma Abdjul, Rabu, mengatakan, program Jumat Menanam yang dilakukan jajaran PNS dan masyarakat, memiliki tujuan strategis, yakni mewujudkan daerah yang hijau dan bersih.

Dengan terwujudnya Kabupaten Bone Bolango yang hijau, maka dipastikan berbagai sumber daya alam lainnya bakal ikut terjaga, seperti ketersediaan air bersih yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

Sementara itu untuk pencemaran air yang saat ini marak terjadi di Kabupaten Bone Bolango, akibat sejumlah aktivitas pertambangan bakal bisa diminimalisir.

Salma menambahkan, saat ini pihaknya tengah melakukan pemantauan secara periodik pencemaran air dari berbagai limbah di sejumlah sungai di Kabupaten Bone Bolango.

"Pengawasan terhadap pengendalian pencemaran limbah, khususnya limbah air mutlak dibutuhkan untuk menjaga kualitas lingkungan tetap bersih," ujar Salma.

Nantinya hasil temuan di lapangan oleh pihak BLH mengenai pencemaran air, akan dijadikan rekomendasi untuk dilaksanakan dalam konteks penerapan lingkungan bersih dan hijau. (Wahiyudin Mamonto)

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013