Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Setelah mengalami penurunan drastis, saat ini harga dua komoditas, cabai dan tomat kembali naik secara signifikan di beberapa pasar tradisional di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Jumat.

Indra Hasan, salah seorang pedagang di pasar Dungingi, Kota Gorontalo, mengatakan harga tomat yang beberapa pekan kemarin mengalami penurunan yang sangat drastis saat ini kembali naik.

"Sebelumnya tomat dijual Rp3000 /kg menjadi Rp7000 /kg, ini akibat musim penghujan yang kembali melanda Gorontalo di awal tahun 2018 ini," ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk membuat semua tomatnya terjual dengan cepat meski di tengah harga yang sedang melambung, dirinya menjual tomat tersebut satu kantong plastik.

"Dulu saya menghargai tomat Rp10 ribu /satu kantong plastik, namun saat ini naik menjadi Rp40 ribu sampai Rp45 ribu/satu kantong plastik, saya sengaja menjualnya satu kantong karena akan lebih murah dibanding jika para pembeli membelinya perkilo," pungkasnya.

Selain itu, harga cabai pun juga kembali mengalami kenaikan dibanding beberapa pekan sebelumnya.

Harga cabai kembali naik dari Rp30 ribu/kg saat ini menjadi Rp40 ribu sampai Rp45 ribu/kg, hal ini terjadi karena berkurangnya stok tomat akibat penghujan yang menyebabkan petani tidak bisa menanam.

"Musim hujan yang melanda ini menyebabkan para petani enggan menanam, karena ditaktukan nantinya bibit yang ditanam tidak akan tumbuh maksimal bahkan jika sudah bisa sampai berbuah nantinya akan terjadi pembusukkan secara cepat pada komoditas yang satu ini," jelasnya.

Pewarta: -

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018