Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyampaikan kondisi daerah ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri), terutama tahapan Pilkada tahun 2018 di Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara.

Kunjungan Gubernur di kantor Kementerian Dalam Negeri itu, diterima langsung Mendagri Tjahjo Kumulo dan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Soni Sumarsono, Jumat, menyampaikan jalannya pemerintahan di Provinsi Gorontalo, termasuk politik maupun keamanan.

"Saya juga melaporkan jalannya tahapan Pilkada di Gorontalo, di mana pendaftaran bakal calon di KPU sudah selesai, dan saat ini memasuki pemeriksaan kesehatan bakal calon," kata Gubernur Rusli.

Untuk Pilkada di Gorontalo Utara ada dua calon petahana, dimana baik bupati maupun wakil bupati saat ini, maju sebagai bakal calon bupati, termasuk Sekretaris Daerah (Sekda) yang maju sebagai bakal calon wakil bupati, sementara di Kota Gorontalo hanya ada satu calon petahana yaitu Wali Kota Gorontalo.

Pada kesempatan itu juga Gubernur Rusli menyampaikan undangan kepada Mendagri Tjahjo untuk berkunjung ke Gorontalo dalam rangka untuk memberikan arahan kepada aparat pemerintah provinsi dan kabupaten/kota termasuk kepada para inspektur dalam hal pengelolaan keuangan.

"Kami juga berharap beliau untuk bisa memberikan pembinaan kepada semua kepala desa, terutama menyangkut penggunaan dana desa," ia menambahkan.

Kepala Badan Kepegawaian Provinsi Gorontalo Ridwan Yasin yang juga ikut dengan rombongan Gubernur memanfaatkan kunjungan tersebut, untuk konsultasi dengan Dirjen Otda perihal mutasi dan pelantikan pejabat struktural di lingkungan pemerintah provinsi.

Sebelumnya, tiga pasangan bakal calon resmi mendaftar di KPU Kabupaten Gorontalo, sementara di Kota Gorontalo tiga pasangan calon juga ikut mendaftar. Saat ini seluruh pasangan calon masih menjalani tes pemeriksaan kesehatan.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018