Makassar (Antaranews Gorontalo) - Menteri BUMN Rini Soemarno meninjau proyek Makassar New Port (MNP) yang kini sudah memasuki penyelesaian tahap pertama.

"Kehadiran kami di sini untuk melihat progres pembangunan MNP di Makassar," kata Rini seusai melakukan peninjauan MNP di Makassar, Senin.

Rini mengatakan, dari hasil peninjauan itu, ia meyakini proyek itu dapat diselesaikan pada Oktober 2018 dari jadwal sebelumnya akhir 2018.

Pembangunan MNP tahap pertama ini menggunakan dana sebesar Rp1,5 triliun dengan pengerjaan proyek selama tiga tahun sejak 2015.

Dari total dana tahap pertama itu, Kepala Satuan Pengelola Proyek MNP Arwin mengatakan, penyerapan dananya sudah 50 persen dan hasil perhitungan di lapangan pembangunan proyek itu selesai pada Oktober 2018.

Sementara itu, Rini mengatakan, pembangunan NPM bertujuan mendukung gagasan tol laut Presiden Jokowi yang membutuhkan pelabuhan yang handal dan efisien.

Dengan selesainya proyek MNP itu ke depan akan menghasilkan dermaga sepanjang 320 meter serta kawasan peti kemas seluas 16 hektare.

NPM ini dinilai sangat penting dalam rangka memperkuat sistem logistik nasional dan meningkatkan konektivitas antar pulau di Indonesia.

Kehadiran menteri BUMN di Makassar selain meninjau proyek MNP juga dijadwalkan meninjau proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kabupaten Sidrap.

Pewarta: -

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018