Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Bulog Sub Divisi Regional (Subdivre) Gorontalo siap menyalurkan bantuan sosial (bansos) beras sejahtera (rastra) ke kabupaten dan kota di provinsi itu.

Kepala Bulog Subdivre Gorontalo Castro Hermanses, Senin, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan dan mengalokasikan rastra tersebut.

"Untuk tahun 2018 ini jumlah rastra yang disalurkan mengalami penurunan, jika tahun sebelumnya sebanyak 1,3 juta kg/bulan, pada tahun ini turun menjadi sekitar 890 ribu kg," ujarnya.

Penyaluran rastra pada tahun ini Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak dipungut biaya sebanyak Rp1.600 lagi, atau gratis dan penyelesaiannya nanti di pemerintah pusat antara Kementerian Sosial, Bulog dan Departemen Keuangan.

"Jika dulu KPM menerima 15 kg, saat ini tinggal 10 kg," ujar Castro.

Sedangkan untuk stok beras, Bulog Subdivre Gorontalo memiliki 2.750 ton dan jika dibagi kebutuhan setiap bulan sekitar 890 ton, maka ketahanan beras sekitar tiga bulan.

"Tapi di Bulog itu diwajibkan memiliki ketahanan stok selama lima bulan, ketika kita salurkan maka satu atau dua bulan kita sudah ada stok lagi, bisa dari hasil serapan maupun pengiriman dari Divre Makassar," kata dia.

Ia menjelaskan bahwa bansos rastra tersebut hingga bulan Juni, dan untuk bulan Juli dan seterusnya belum ada petunjuk lanjutan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018