Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mulai mendistribusikan alat peraga pencocokkan dan penelitian (Coklit) pemuktahiran data pemilih yang digunakan di Pilkada 2018.

Komisioner KPU Gorontalo Utara Sophian Rahmola, Kamis di Gorontalo, mengatakan, pihaknya telah merampungkan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) di 11 kecamatan.

Pesertanya para panitia pemungutan suara (PPS) dan petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP).

Bimtek terkait persiapan Coklit pemuktahiran data pemilih yang akan digunakan pada Pilkada 2018.

Secara keseluruhan terdapat 266 PPDP di daerah ini dan mereka telah menandatangani Surat Keputusan (SK).

"Mulai hari ini, seluruh alat peraga yang akan digunakan pada Coklit, mulai didistribusikan diantaranya sudah selesai dilakukan di Kecamatan Ponelo Kepulauan," ujar Sophian.

Alat-alat peraga tersebut yaitu, daftar pemilih yang digunakan pada pemilihan terakhir yang berasal dari KPU RI, yang ditambahkan dengan data pemilih pemula yang berasal dari Kementerian Dalam Negeri.

Data pemilih pemula tersebut kata Sophian, berbasis desa yang telah dipetakan berdasarkan tempat pemungutan suara (TPS).

Seluruh komisioner KPU juga akan turun langsung dalam Coklit tersebut, dimana setiap komisioner akan mendatangi 5 rumah warga.

Ia memastikan, masa kerja PPDP pada tahapan Coklit itu, seluruhnya akan dipantau dan diawasi komisioner KPU.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018