Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Harga beberapa komoditas hortikultura seperti tomat, bawang merah dan bawang putih terus mengalami kenaikan sejak awal tahun 2018, khususnya dijual di pasar tradisional di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Rahmat Eksan, salah seorang pedagang di pasar Sentral, Kota Gorontalo, Sabtu, mengatakan harga tomat yang pada beberapa pekan sebelumnya memang telah naik, kini kembali naik lagi dengan selisih tipis.

"Pekan sebelumnya Tomat dijual dengan harga Rp7.000/kg, pada pekan ini kembali naik dengan selisih tipis menjadi Rp8.000/kg," katanya.

Sama halnya dengan komoditas bawang merah yang saat ini juga mengalami kenaikan sebesar Rp2.000.

"Pada pekan ini bawang merah mengalami kenaikan dari pekan sebelumnya seharga Rp26 ribu/kg menjadi Rp28 ribu/kg," jelasnya.

Ia juga menambahkan, komoditas bawang putih yang juga dijualnya mengalami kenaikan harga dengan selisih tipis yaitu seharga Rp1.000.

"Harga bawang putih pada pekan ini mengalami kenaikan harga dari Rp25 ribu/kg menjadi Rp26 ribu/kg," ungkapnya.

Rahmat juga menjelaskan bahwa beberapa pekan ke depan ketiga komoditas tersebut akan kembali mengalami kenaikan harga.

Sementara itu, salah seorang warga Kota Gorontalo selaku pembeli di pasar itu, ibu Renny, mengaku kenaikan harga sayuran seperti bawang dan tomat memang belum terlalu berdampak pada usahanya selaku pemilik rumah makan, namun harus ada upaya antisipasi jangan sampai naik terus menerus setiap pekan.

"Sejauh ini kenaikan harga sayuran seperti bawang merah, bawang putih dan tomat belum terlalu signifikan, sehingga usaha kami masih normal," kata pedagang rumah makan itu.

Pewarta: Siti Hardianti

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018