Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, mulai melirik pasar kuliner dengan mengembangkan produk "brownies goroho" dari bahan baku buah pisang.

Kepada Disperindag setempat, Basir Noho, Senin, mengatakan bahwa brownies sendiri merupakan kudapan yang banyak digemari dan goroho adalah jenis pisang yang banyak ditemui di daerah itu.

"Kue ini akan kita buat menggunakan tepung dari pisang goroho dan sedang dikembangkan di daerah Depok," ungkapnya.

Ia menjelaskan ide pembuatan brownies goroho tersebut berasal dari salah seorang seorang warga Taludaa, Kecamatan Bone Pesisir, Roni Ladja yang berkuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Ide ini pun mendapat respon yang baik dari Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dan akan dikembangkan menjadi produk daerah.

"Jika biasanya pisang goroho hanya digoreng saja, kini kita ingin membuat varian lain dari produk pisang lokal," kata Basir, lagi.

Pisang goroho ujar Basir, banyak ditanam oleh warga di daerah Kecamatan Suwawa dan juga Bone Pesisir, sehingga untuk bahan baku dianggap sangat tersedia.

"Rasa dari brownies goroho ini dijamin dapat bersaing dengan brownies lainnya yang dijual di sejumlah daerah dan sering dijadikan oleh-oleh," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018