Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Generasi Berencana (GenRe) Gorontalo melakukan pembentukan Forum Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) tingkat Provinsi, Senin.

Kegiatan tersebut melibatkan puluhan siswa dari berbagai sekolah SMA untuk dilantik menjadi pengelola PIK-R yang nantinya akan bertugas memberikan penyuluhan ke setiap sekolahn mereka masing-masing mengenai bahaya Triad KRR atau tiga masalah dalam kenakalan remaja, seperti narkoba, aids dan seks bebas.

Rahman Imran, Pembina Forum Genre, menjelaskan PIK-R merupakan salah satu organisasi sekolah yang berada di bawah naungan BKKBN, dan memiliki tugas menyebarkan serta mensosialisasikan tentang bahaya Triad KRR.

"PIK-R ini terdiri dari remaja yang tergabung dalam satu organisasi yang bertugas untuk memberikan penyuluhan agar terhindar dari Triad KRR, seperti terhindar dari seks bebas, seks pranikah, pernikahan dini, serta Naroba," katanya.

Ia menambahkan, tujuan dari pembentukkan Forum PIK-R tersebut adalah untuk terus menjaga adanya koordinasi antar lintas PIK di Provinsi Gorontalo.

"Selain itu, hal tersebut juga menjadi salah satu upayah untuk menumbuh kembangkan minat anggota PIK untuk aktif dalam membuat program-program yang kreatif dan inovatif, agar PIK-R dapat berjalan denga lancar di sekolah-sekolah," ujar Rahman.

Revier Reinhart Christy, Ketua Forum PIK-R mengaku senang dengan adanya tindak lanjut dari pihak BKKBN dalam melaksanakan penyuluhan terkait Triad KRR secara merata dengan melibatkan PIK-R se Provinsi Gorontalo.

"Saya sangat senang bisa terlibat langsung serta bertanggung jawab untuk membantu melaksanakan penyuluhan tentang bahaya Triad KRR di sekolah hingga lingkungan rumah," ungkapnya senang.

Selain itu, Hartati Suleman, Perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo, juga berharap dengan adanya pelantikan PIK-R tersebut dapat membantu mereka mewujudkan terciptanya remaja yang jauh dari bahaya Triad KRR.

Pewarta: Siti Hardianti

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018