Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo mendukung pemerintah daerah, dan masyarakat mengembangkan industri kepariwisataan di daerah tersebut.

Kepala Kantor Kerwakilan BI Provinsi Gorontalo Ricky Gozali, Selasa, mengatakan sektor pariwisata dapat menjadi pendukung pertumbuhan ekonomi Gorontalo.

"Gorontalo memiliki sumber daya alam yang sangat baik dan bisa kita kembangkan menjadi industri pariwisata," ungkap Ricky.

Untuk mencapai itu, menurut Ricky, semua unsur yang terkait dalam sektor tersebut harus dapat membangun dan bekerja sama.

"Mulai dari pemerintah daerah hingga masyarakat harus sadar wisata, sehingga industri pariwisata dapat meningkat," kata dia.

Ia melihat bahwa pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo akan berjalan datar, namun jika memiliki industri pariwisata yang baik, maka pertumbuhan akan naik tajam dan berdampak positif kepada faktor lain.

"Peningkatan sektor pariwisata dapat berdampak pada industri kerajinan tangan, suvenir, transportasi, tenaga kerja dan perhotelan serta penginapan," ungkap dia.

Pariwisata, kata Ricky, adalah jalan yang paling tepat dalam meningkatkan ekonomi Gorontalo.

"Daerah ini sudah memiliki beberapa modal pendukung pariwisata, seperti bandara yang representatif yang terhubung langsung dengan kota besar seperti Jakarta, Manado dan Makassar," kata dia, lagi.

Selain itu peningkatan infrastruktur lainnya perlu dilakukan seperti transportasi lokal dan juga pelayanan dari masyarakat kepada wisatawan.

"Kita juga telah melakukan pertemuan dengan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dan memberikan masukan terkait pengembangan sektor pariwisata. Perbankan akan membantu," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018