Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Provinsi Gorontalo meraih penghargaan Akuntabilitas Kinerja 2017 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

"Sistem kinerja instansi pemerintah (Sakip) Provinsi Gorontalo memperoleh nilai B atau Baik dari Kementerian PAN-RB. Hasil ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mendapatkan nilai CC," kata Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim di Gorontalo, Rabu.

Ia mengatakan penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri PAN-RB Asman Abnur pada penyerahan hasil evaluasi Sakip Wilayah III/2017 dan "coaching clinic" 2018 di Hotel Tentrem Yogyakarta, Selasa (13/2).

Ia menambahkan, Menteri PAN-RB meminta Pemerintah Provinsi Gorontalo, kabupaten dan kota untuk meningkatkan seluruh aspek penilaian Sakip mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan outcome atau dampak dari pelaksaan program kegiatan.

"Tahun depan Provinsi Gorontalo diminta bisa meraih nilai BB ataupun A. Untuk mencapai target itu perlu kerja keras dan sinergitas dari seluruh organisasi perangkat daerah. Saya optimistis kita bisa meraihnya," katanya.

Sementara itu Inspektur Provinsi Gorontalo Ahmad Rosadi menjelaskan bahwa akuntabilitas kinerja Pemprov Gorontalo semakin membaik.

Hasil yang diperoleh Pemprov Gorontalo menunjukkan Sakip yang terus dibangun mulai dari proses perencanaan dengan indikator kinerja yang terukur, pengukuran kinerja, evaluasi kinerja, hingga proses pelaporan.

"Dengan hasil ini menunjukkan tata kelola pemerintahan semakin baik. Indikatornya, kita meraih opini WTP dari BPK RI, untuk penyelenggaraan pemerintahan Provinsi Gorontalo juga masuk 10 besar, dan terakhir ini Sakip Provinsi Gorontalo berhasil mendapat nilai Baik dari Kementerian PAN-RB. Artinya pemerintahan saat ini sudah berada pada jalan yang benar," urainya.

Penyerahan hasil evaluasi Sakip Wilayah III 2017 untuk wilayah III meliputi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Sulawesi, Yogyakarta, Jawa Tengah, Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

Secara umum hasil evaluasi Sakip di wilayah III pada 2017 mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai evaluasi sebesar 47,57 atau meningkat 8,59 poin dari tahun 2016 yang hanya sebesar 45,91.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018