Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Basarnas Provinsi Gorontalo terus meningkatkan koordinasi bersama dengan berbagai lembaga maupun pemangku kepentingan lainnya, dalam setiap penanganan situasi.

Kepala Basarnas Provinsi Gorontalo, Muslimim, Rabu, mengatakan koordinasi itu dilakukan setiap terjadi situasi yang membahayakan manusia.

"Harus ada respon cepat juga dari masyarakat untuk segera menginformasikan kepada kami jika ada kejadian seperti itu," ujarnya usai upacara Hari Ulang Tahun Basarnas.

Muslimin mengungkapkan bahwa saat ini Basarnas Gorontalo telah memiliki sarana yang sesuai dengan standar internasional serta sumber daya manusia atau personil yang dimiliki jugasudah terlatih dalam penaganan operasi SAR di manapun.

"Untuk kendala selama operasi SAR hingga saat ini belum ada, karena sebelum melaksanakan operasi kami selalu melaksanakan koordinasi untuk mengetahui potensi yang akan terjadi ketika kita melakasanakan operasi sehingga penanganan operasi bisa terlaksana dengan baik," kata dia, lagi.

Ia mengatakan bahwa peringatan HUT Basarnas ke-46 merupakan momentum yang tepat bagi pihaknya untuk meresapi apa saja yang telah diperbuat untuk bangsa dan negara dibidang pencarian dan pertolongan.

"Sebagai wujud impelentasi program Nawacita pertama, maka Basarnas sebagai perwujudan wakil negara dan pemerintah diharapkan mampu dan selalu hadir untuk memberikan rasa aman kepada segenap komponen bangsa yang melakukan berbagai aktivitas," ucapnya.

Jaminan rasa aman tersebut yaitu ketika terjadi kecelakaan, bencana atau kondisi membahayakan manusia, maka Basarnas akan selalu hadir untuk melakukan pencarian, pertolongan, penyelamatan serta mengevakuasi korban manusia setiap saat, setiap waktu dan pada setiap tempat.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018