Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap orang tua terus mendampingi anak-anaknya jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Peran orang tua sangat penting, maka meluangkan waktu belajar bersama anak merupakan dukungan terhadap keberhasilan mereka meraih yang terbaik pada UNBK," ujar Harto Husain, anggota Komisi III DPRD, Rabu, di Gorontalo.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, meski pelaksanaan UNBK masih sekitar 2 bulan lagi, namun perhatian seluruh elemen masyarakat khususnya orang tua terhadap keberhasilan pelaksanaan UNBK, sangat penting.

Maka persiapan sedini mungkin harus dilakukan, agar UNBK tidak sekedar menjadi momen bersejarah bagi anak menempuh pendidikannya, namun keberhasilan individu anak akan menjadi keberhasilan bersama atau secara menyeluruh.

Harto berharap, UNBK menjadi media ujian paling penting yang akan menggambarkan kualitas pendidikan khususnya di daerah ini.

"Orang tua pun diharapkan memberi keleluasaan bagi anak untuk belajar dirumah, serta mendampinginya dalam mengevaluasi materi pelajaran yang diperoleh di sekolah," ujarnya.

Ia mengimbau, agar orang tua tidak membenani anak dengan pekerjaan rumah tangga, serta mengawasi tayangan televisi yang ditonton anak.

"Kalau perlu, anak belum diizinkan menonton tayangan sinetron atau acara televisi yang berdurasi panjang untuk menghindari tersitanya waktu belajar anak," ujarnya.

Ia optimistis, tingkat keberhasilan UNBK di daerah ini akan terus baik dan benar-benar berdampak terhadap pembentukan sumber daya manusia berkualitas dan unggul di daerah itu.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018