Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Ratusan umat Tridharma menggelar ritual "Asah Pedang" di Tempat Ibadah Tridharma (TITD) Klenteng "Tulus Harapan Kita" Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, sejak Rabu (28/2) hingga Kamis, dini hari.

Wakil Ketua pengurus Tridharma Provinsi Gorontalo, Hengki Kamolie mengatakan bahwa ritual Asah Pedang dilakukan dua hari menjelang perayaan Cap Go Meh.

"Ritual ini dilakukan sejak pukul 05.00 Wita hingga selesai, yang dilakukan oleh seluruh umat dan dipimpin oleh petugas kelenteng," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa ritual itu merupakan ritual pembersihan yang dilakukan pada bulan 13 malam.

"Kita sudah sembahyang bersama sejak pukul 05.00 Wita dan dilanjutkan dengan asah pedang," kata dia, lagi.

Usai melakukan sembahyang dan asah pedang, terlihat dia orang Tanchi memberikan pelayan kepada umat.

"Tanchi memberikan pelayanan seperti pengobatan dan juga petunjuk serta nasehat kepada umat dan apa saja yang dilakukan pada perayaan Cap Go Meh nanti," ungkap dia.

Pengobatan tersebut diiringi tabuhan gendang dan nyanyian dari para pemuda dan pemudi umat Tridharma.

Sebelumnya, umat Tridharma telah melaksanakan sembahyang Goan Siao adalah prosesi untuk bertanya kepada Tian Siang Seng Bo apakah perayaan Imlek 2569 bisa dilaksanakan.

Ritual sembayang Goan Siao sendiri, dilaksanakan tiga hari setelah Imlek, yang dilakukan oleh petugas sembahyang untuk mewakili umat.

Ia mengungkapkan bahwa Cap Go Meh nanti akan keluar pada tanggal 2 Maret 2018. Sebelum perayaan tersebut dilakukan, umat Tridharma melakukan beberapa ritual lagi, seperti sembahyang tuhan dan juga asah pedang.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018