Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai potensi bencana yang kapan saja dapat terjadi di daerah itu.

Asisten Perekonomian dan Pemerintahan Pemkab Gorontalo, Sumanti Maku, Jumat, mengatakan peningkatan kesiapsiagaan dilakukan oleh segenap pemangku kepentingan di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa.

"Selain itu kita juga harus memiliki solusi agar bencana tidak terjadi," ucap Sumanti pada rapat koordinasi penanganan bencana.

Ia menegaskan bahwa semua pihak harus serius memetakan lokasi-lokasi rawan bencana hingga cara penanganannya.

"Saya berharap dengan adanya rapat ini akan dapat terlihat soliditas dan sinergitas serta keseriusan dalam menanggulangi dan penanganan bencana di daerah kita," harapnya.

Selain itu, sebagai langkah kesiapsiagaan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo menyiapkan posko siaga bencana.

Posko tersebut merupakan posko koordinasi yang akan menjadi tempat untuk menerima laporan apa saja kejadian yang terjadi. Melalui informasi dari posko itu juga BPBD akan melaporkan kepada pusat.

Sebagai langkah antisipasi bencana juga, Pemkab Gorontalo terus menggalakkan penanaman pohon, pembuatan biopori serta penyelamatan Danau Limboto.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018